Sabtu, 28 Januari 2012

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP pada MS Excel 2007

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP berguna untuk pembacaan data dalam suatu tabel. Jika tabel tersusun secara vertikal, maka kita gunakan fungsi VLOOKUP, tapi jika tabel tersusun secara horisontal maka kita gunakan HLOOKUP. 

1) Fungsi VLOOKUP

Rumusan untuk VLOOKUP adalah

=VLOOKUP(nilai kunci;range tabel;nomor indeks kolom)

Nilai kunci merupakan data yang dicocokan ke data pada kolom pertama tabel yang dibaca, dan nomer indeks kolom merupakan nomor urut kolom pada tabel yang dibaca sebagai contoh terlihat pada tampilan di bawah ini. Klik pada gambar untuk memperbesar.


 Disini kita akan melengkapi data pada tabel barang keluar menggunakan fungsi VLOOKUP() untuk pembacaan barang masuk yang tersusun secara vertikal di atasnya

1. Pada sel F17 ketikan Fungsi =VLOOKUP(E17,C4:E12,2) maka pada sel tersebut diisi dengan Tablet PC sebagai data sel yang dibaca.

2. Kemudian pad sel G17 ketikan fungsi  =D17*VLOOKUP(E17,C4:E12,3) maka pada sel tersebut diisi dengan nilai 6000000 sebagai hasil perkalian nilai pada cel D17 (5) dan nilai pembacaan data sel (6000000).

3. Salin kedua fungsi ini ke sel-sel dibawahya (F18:G24) setelah selesai Nama Barang dan Total Bayar yang diperoleh akan tmpak terlihat seperti pada gambar dibawah.


2) Fungsi HLOOKUP

Rumusan untuk HLOOKUP adalah

=HLOOKUP(nilai kunci,range tabel;nomor indeks baris)

Dimana nilai kunci merupakan data yang dicocokan ke data pada baris pertama tabel yang dibaca, range tabel merupakan range tabel yang dibaca, dan nomor indeks baris merupakan nomor urut baris pada tabel yang dibaca. Sebagai contoh, pada gambar dibawah ini


Kita akan melengkapi daftar Tabel barang keluar diatas dengan menggunakan fungsi HLOOKUP untuk pembacaan tabel barang masuk yang tersusun secara horizontal diatasnya.

1. Pada sel F11 ketikan fungsi  =HLOOKUP(E11,C4:K6,2) maka pada sel tersebut akan terisi nama barang yaitu Tablet PC  sebagai data sel yang dibaca

2.Kemudian pada sel G11 ketikan fungsi =D11*HLOOKUP(F11,C4:K6,3) maka pada sel tersebut akan terisi dengan nilai 750000 sebagai hasil perkalian nilai pada sel D12(5) dan nilai pembacaan data sel (750000)

3. Salin kedua Fungsi ini ke sel-sel dibawahnya maka akan muncul nama barang dan total bayar yang akan terlihat seperti tampak pada gambar dibawah




1 komentar: